Anda Mau Jadi Penulis? Lakukan 3M!

Wallpho.com

Indari Mastuti, founder dari komunitas Ibu – Ibu Doyan Nulis (IIDN) dalam setiap kesempatan seringkali mengungkapkan kata 3 M: Menulis,menulis,menulis. Beliau mengajak bagi siapapun yang berkeinginan untuk menjadi seorang penulis memulai usahanya awalnya dengan menulis, menulis lagi dan terus menulis.

Pada salah satu kesempatan Indari Mastuti  mengatakan bahwa aktivitas menulis erat kaitannya dengan kegiatan membaca. Apa yang kita tuliskan adalah cerminan dari apa yang kita baca selama ini. Jadi, jika anda ingin terampil menulis tentulah harus diimbangi dengan kegiatan membaca.Beliau selalu mengingatkan kami,anggota kamunitas IIDN dengan pertanyaan “Ada berapa buku yang sudah Anda baca dalam minggu ini?”

Menulis bukan melulu masalah bakat, keterampilan menulis muncul karena kita seringkali menyempatkan diri untuk menulis.Adanya  blog, notes di Facebook serta blog “keroyokan” di kompasiana.com bisa menjadi media awal untuk hal tersebut.

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan menulis. Menulis adalah  sarana menuangkan fikiran kita,berbagi cerita dan manfaat,menambah kualitas keilmuan kita ,bahkan sebagai terapi jiwa. Jika dibarangi dengan kegiatan menulis di satu komunitas  tentunya akan semakin mempertajam kemampuan kita .

Dalam perayaan milad IIDN yang ke -4 di Bandung beberapa waktu yang lalu, terkumpul anggota komunitas yang memiliki latar belakang berbeda dalam satu tujuan yakni: menjadi pribadi yang aktif kreatif dan produktif. IIDN sendiri memiliki tujuan setiap anggota minimal menerbitkan 1 buku. Terbukti dari testimoni beberapa yang orang yang hadir  dan telah mampu menerbitkan lebih dari 1 buku, mengawali itu semua dengan proses 3 M: menulis, menulis, menulis.

Oleh: Indari Mastuti

0 komentar:

Posting Komentar