Review Buku Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah

Oleh: Nurmawati



Judul : Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah
Penulis : Vina Sjarif dan Mugniar
Penerbit : Qibla
Tahun : 2013
Hal : 93 hal
ISBN 10 : 602-249-699-3
ISBN 13 : 978-602-249-699-1

Beberapa hari yang lalu saya diajak oleh teman saya untuk menghadiri event Sharing Kepenulisan Bersama Penulis IIDN Makassar disalah satu Mall diMakassar yaitu Di MARI tepatnya di Gramedia, karena berhubung saya orangnya juga suka nulis jadi senang hati menerima ajakan teman tersebut. Well sesampainya disana dapat oleh-oleh pulang kerumah yaitu Mereview salah satu Buku dari kak Vina Sjarif dan kak Mugniar dengan Judul “Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyidah Khadijah”.

Yang menarik perhatian saya pertama kali saat melihat buku ini adalah bahwa buku ini salah satu panutan untuk menjadi seorang istri yang baik dan solehah kepada suami layaknya yang telah dilakukan Khadijah ra kepada Rasulullah SAW dalam keluarganya, didalamnya menjanjikan sebuah kisah yang saking menakjubkannya tentang keteladanan seorang Khadijah ra.

Well, Siapa yang tak kenal ummul mukminin Khadijah ra? Beliau tak hanya dikenal sebagai istri pertama Rasulullah, tetapi juga seorang wanita yang kaya raya dan sukses dalam bisnis, menjadi pendamping setia Rasulullah hingga akhir hayat dan merupakan wanita yang paling dicintai Rasulullah SAW, serta merupakan ibu yang terkenal baik untuk anak-anaknya.

Pada buku ini mengupas banyak tentang keunggulan dari seorang Khadijah ra yang merupakan teladan bagi semua Muslimah.

Bab 1: Pada bab ini menceritakan Khadijah sebagai seorang sosok wanita kaya harta dan kaya ilmu namun sangat rendah hati. Hal ini terbukti lewat banyaknya pemuka quraisy yang datang meminang namun Khadijah dengan ikhlas menolak dan lebih memilih menikah dengan Rasulullah SAW yang hanya sebagai pegawai baru yang telah memikat hatinya. Dalam pernikahannya, Khadijah ra sangat menghormati Rasulullah SAW sebagai imam dikeluarga tanpa melihat status yang dimiliki. Seiring waktu rumah tangga keduanya pun diuji dengan munculnya perlawanan dakwah yang disampaikan Rasulullah kepada kaumnya. Dari pelecehan, pengusiran hingga embargo ekonomi yang di lontarkan para musuh-musuh islam tidak menjadikan Khadija ra berhenti mendukung suaminya. Bahkan Khadijah rela menyumbangkan hartanya dijalan Allah SWT untuk membantu para pejuang islam.

Bab 2 : Bab ini bercerita tentang Kelbihan Khadija ra dari Ummul Mukminin lainnya adalah dalam hal memberikan keturunan. Semasa hidupnya Khadija ra tdak pernah membentak, bicara kasar apalagi memukul anak-anaknya, Ia dikenal sebagai seorang ibu yang penuh dengan kelembutan dan sabar dalam mendidik anaknya. Khadijah ra juga selalu ada setiap anak-anaknya membutuhkannya. Dapat dilihat dari cara Khadijah mendidikdan membesarkan anak-anaknya yang selalu bijaksana dan tidak memaksakan kehendak. Dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki khadijah ra pantaslah jika anak-anak yang terlahir dari rahimnya tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Bab 3 : Bab 3 menceritakan kepribadian Khadijah yang telah mampu memotivator suaminya dikalah mengalami rasa takut yang begitu hebat. Salah satunya adalah pada peristiwa turunnya wahyu pertama yang membuat Rasulullah gemetar ketakutan, ketika itu Khadijah-lah yang berada di sisinya dan menguatkan Rasulullah untuk menghadapi peristiwa penting tersebut. Serta ketika ujian kembali menghampiri keluarganya dengan menguji iman , namun Khadijah ra tetap mendampingi beliau dan mendoakannya agar keluar dari kesulitan.

Bab 4 : Bab selanjutnya pula menerangkan tentang kebiasaan Khadijah berbuat baik dan menyambung tali silaturahmi dengan orang-orang yang dicintai suaminya. Seperti pada saat Khadija ra sangat memperhatikan siapa saja yang berjaza pada kehidupan suaminya.

Bab 5 : Bab ini berisi tentang bagaimana kita senantiasa menjaga ketaatan kita terhadap suami kita tanpa melihat status sosial dan keadaan yang telah dialaminya. Pada saat Khadijah ra menyaksikan dan memngalami dari masaa kemasa situasi krisis dalam kondisi yang menakutkandan penuh dengan perjuanganb dalam menegakkan islam , Namun ia tidak pernah putus asa.

Bab 6 : pada bab ini menceritakan bahwa seorang Khadija ra merupakan sosok wanita sekaligus istri yang baik dan layak diteladani. Hal yang perlu diperhatikan yaitu kita tidak perlu kaya untuk menaladaninya, namun kita hanya perlu memaknai jalan hidupnya.

Bab 7 : yaitu buku ini pun ditutup dengan perenungan terhadap bagaimana sikap kita meneladani seorang Khadijah ra.

Pada buku ini juga di lengakpi dengan kisah-kisah pencerah bagi kaum muslim khususnya kaum muslimah dan disertai dengan ayat dan hadits yang berbicara tentang keutamaan istri shalihah termasuk hadits-hadits yang mengungkapkan tentang fakta akan Khadijah. Walaupun saya belum menjadi seorang istri , namun berkat buku ini saya bisa mengetahui dan meneladani lebih awal bagaimana menjadi seorang istri yang sholehah.

Bagian favorit saya di Agar Dicintai Suami layaknya Sayyidah Khadijah :

Kaya hati , juga kaya ilmu
---Hal 23---

Kaya bukan soal banyaknya harta.
---Hal 26---

Sebaik-baiknya figur ibu ialah Khadijah ra ia adalah seorang ibu yang penuh kelembutan dan sabar dalam memndidik anak-anaknya.
---Hal 39---

Istri Shaleha, pelipur Lara, Penguat Hati
---Hal 54---

“Perhatikan bagaiman sikapmu kepadanya. Dia adalah surga dan nerakamu .” (HR Ahmad dan Nasa’i)
---Hal 55---

Khadija ra sangat memperhatikan siapa saja yang berjasa dalam kehidupan suaminya dimasa lalu sehingga sangat dicintai Navbi SAW.
---Hal 63---

“Maka perempuan-perempuan yang shalehah ialah perempuan-perempuan yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah memelihara mereka.” (Al-qur’an Surat An-Nisa (4);34.
---Hal 69---

Khadija ra adalah sebaik-baik contoh istri yang mendampingi suaminya dalam segala situasi.
---Hal 72---

0 komentar:

Posting Komentar