Wow, IBF Award untuk Kategori Fiksi Anak! Selamat, Marisa!

Adalah hal  yang luar biasa jika kita tak pernah ikut lomba lalu tiba-tiba mendapatkan pengumuman dari sebuah ajang terakbar nasional bahwa kita menjadi salah satu penerima award-nya. Begitulah hal yang dialami Marisa Agustina, salah seorang anggota IIDN Makassar.


Buku solo karyanya yang berjudul Reisha Si Pengusaha Cilik menerima penghargaan pada ajang Islamic Book Fair (IBF) Award sebagai fiksi anak terbaik, bersanding dengan Tere Liye – peraih kategori fiksi dewasa terbaik (melalui novel Rindu-nya) dan orang-orang hebat lainnya.

Dalam rangka IBF Award 2015, Marisa - ibu 2 anak ini tak tahu-menahu bukunya disertakan dalam penilaian. Penerbit yang menerbitkan bukunyalah (Indiva Media Kreasi) yang mengajukannya.  

Ketua Tim Juri pada IBF Award ini adalah Prof. Nasaruddin Umar. Prof. Nasaruddin Umar adalah cendekiawan muslim yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama (2011 – 2014), pernah menjabat sebagai Dirjen Departemen Agama, dan penulis 12 buku.

Sebagaimana yang dilansir oleh website Republika, Prof. Nasaruddin Umar saat membacakan Surat Keputusan Dewan Juri Islamic Book Award 2015 di arena IBF 2015 (28/2)  mengemukakan bahwa terjadi peningkatan kualitas buku-buku yang masuk pada IBA 2015 dibandingkan IBA 2014. Persaingan nilai antarfinalis buku-buku terbaik sangatlah sengit. Perbedaan nilainya sangat tipis, bahkan nol koma sehingga siapa pun pemenangnya tidak selayaknya besar kepala. Sebaliknya, meskipun tidak menang, pada dasarnya seluruh finalis merupakan pemenang.

Masih menurut Prof. Nasaruddin, fenomena tersebut merupakan hal yang menggembirakan. "Kita berharap para penulis, penerbit, illustrator, maupun penerjemah terus-menerus meningkatkan kualitas buku yang mereka hasilkan pada waktu-waktu mendatang," katanya.

Berikut ini para peraih IBF Award 2015:
  1. Kategori fiksi anak: Reisha Si Pengusaha Cilik (Marisa Agustina)
  2. Kategori fiksi dewasa: Rindu (Tere Liye)
  3. Kategori nonfiksi anak: Anak Muslim Cerdas Tenang Berani dan Benar (Dewi Candika)
  4. Kategori nonfiksi dewasa: Muslim Bali (Dhuroduddin Masha)
  5. Kategori terjemahan: Reclaim Your Heart/Rebut Kembali Hatimu (Nadya Andwiani)
  6. Kategori desain sampul terbaik: Di Bawah Bendera Sarung (Nailal Afwiani)
  7. Kategori  ilustrasi terbaik: Jujur itu Berani  (Arrahmanrendi)
  8. Tokoh Perbukuan Islam 2015: Yusuf Mansur

Selamat ya Marisa, atas torehan prestasi yang juga membahagiakan dan membanggakan kami di IIDN Makassar. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat buat teman-teman di IIDN Makassar untuk selalu berkarya, dan terutama giat berlatih menulis karena kemampuan menulis yang baik hanya bisa diperoleh dengan terus menulis, menulis, dan menulis.

Makassar, 14 Maret 2015

CATATAN:
  • Buku Reisha Si Pengusaha Cilik ini, bisa dibeli di Gramedia. Bila tak menemukannya, Anda bisa memesannya di toko online penerbitnya langsung:  www.bookstore.indivamediakreasi.com atau pesan ke 0819.0471.558.

  • Kalau belum pernah baca dan ingin tahu Reisha Si Pengusaha Cilik ini bagaimana isinya, silakan simak resensi saya di: Entrepreneurship Ala Reisha


Untuk mengetahui tentang IBF Award 2015 secara lebih detail, silakan baca-baca link-link berikut yaa:







2 komentar:

  1. Alhamdulillah... makasih IIDN Makassar atas apresiasinya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat yaaa. Ditunggu karya-karya berikutnyaa :)

      Hapus