[Sabtu Berbagi] Nunu Memperoleh Banyak Manfaat dari Berkomunitas

Tulisan berikut ini adalah diskusi [Sabtu Berbagi] tanggal 14 Maret 2015 yang dibawakan oleh Nur Sahadati Amir (Nunu)


Assalamu Alaikum kakak-kakak dan teman-teman semua. Sorry telat sharing-nya....


Berkomunitas, banyak hal yang saya dapat setelah bergabung di berbagai komunitas antara lain teman, persahabatan, ilmu, wawasan, informasi-informasi penting seperti info lomba dan info seminar / workshop.

Komunitas yang pertama kali saya masuki adalah Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Berawal dari pertemuan tak sengaja dengan kak Niar ketika blogwalking di blognya. Akhirnya kami berteman di Facebook. Menganggap saya “bisa menulis” kemudian beliau mengajak saya bergabung.

Sebenarnya dulu saya tidak pernah merasa “bisa menulis”. Saya hanya menulis apa adanya di blog. Tak pernah punya buku sama sekali, saya agak minder bergabung di IIDN. Saya baca profil anggota-anggotanya seperti kak Mugniar, Rahmah, Mursyida, Mariana Janis, mba Erlina Ayu, dll semuanya sudah punya buku.

Karena termotivasi oleh mereka-mereka ini saya pun mulai belajar secara autodidak mencari berbagai referensi, mengikuti kelas online gratis, ikut seminar dan workshop, baca notes di grup IIDN, dll. Pikiran saya waktu itu “saya harus punya buku meskipun hanya antologi”, kan ga lucu ya masa’ gabung di komunitas penulis ga punya buku.

Setelah dari IIDN saya pun dapat banyak informasi tentang berbagai komunitas blog dan kepenulisan antara lain : Komunitas Blogger Makassar, Blog Of Friendship, Sahabat Indonesia Berbagi, 5 CM, Komunitas Emak Blogger, Writing Revolution, dan lain sebagainya.

Keinginan untuk “membuka diri” membuat saya ketagihan ikut berbagai komunitas dan kopdar dengan teman-teman. Punya teman yang banyak yang bisa menerima saya tanpa memandang kekurangan yang saya miliki merupakan sebuah berkah dari berkomunitas. Awalnya kenalan di Facebook akhirnya bertemu dan akrab di dunia nyata, itu hal yang sangat menyenangkan. Amazing!!!

Bagaiamana dengan pengalaman kakak-kakak dan teman-teman selama berkomunitas? Hal positif apa yang didapatkan dari komunitas tersebut?

Berikut diskusi dengan para anggota IIDN Makassar lainnya ...

Abby Onety: Bergabung dlm komunitas kepenulisan sangat bermanfaat. Banyak suntikan vitamin yang mampu membangkitkan semangat menulis. Transferan ilmu secara gratis terus mengalir dari penulis yg satu hingga penulis yg lainnya yg bernaung dalam satu komunitas. Dan...... masiiiiiih banyak manfaat lainnya termasuk mengenal bbrp penerbit plus editornya

Mugniar: Daaaaaaaaan ternyata akhirnya kita menyadari kalau kita bisa belajar secara otodidak ya Nu. Yang penting mau belajar, insya Allah bisa.

Aisyah: Jempol, ketemu kalian semua, banyak tahu isi blog....

Rahmah: Kakak Nur Sahadati Amir dari komunitas saya kenal:
1. Blog
2. Kalian
3. Jalan bertemu jodoh
J

Aida Al Fath: Kisahku mirip sama kak Nunu gimana awalnya berjumpa sama kak Niar di dunia maya yang ternyata tetangga depan rumah nya ji pale teman menjahitku, hehe. Di sini kita saling berbagi dan menuai manfaatnya masing-masing. Jaga silaturahim ini dengan baik tuk selamanya.

Nur Sahadati Amir: Iya ya... mba Rahmah bertemu jodoh lewat komunitas. Semoga kita juga seperti itu ya colek Ida Basarang dan Aida Al Fath hehehe #ngarep. Kak Mugniar: iye kak, yang penting mau belajar

Arniyati Shaleh Keren Nuuu ....I lope you ngaseng
Nur Syamsi Saya suka 💕 grup ini karena semuanya perempuan  yang luar biasa.


Aisyah Fad: Banyak sekali manfaatnya, yang pasti memiliki teman seiring dan sehobi

0 komentar:

Posting Komentar