[SABTU BERBAGI] Tampilan Blog Saya Sudah Baguskah?

Sharing [Sabtu Berbagi] yang membahas tentang blog pada tanggal 7 Februari 2015 ini, dibawakan oleh Rahmah Usman (Bunda Salfa)

Bismillah...

Bagaimana kabar ta' semua? :D
Maaf jarang nongol secara nyata via "like" dan "comment", hanya saja jadi "silent reader"

Kali ini saya diberi amanah untuk sedikit memberi informasi seputar "tampilan blog"
Saya mencoba memberikan sedikit ilmu yang saya miliki dan mohon maaf jika nantinya ada kekurangan. Masih terus belajar soalnya :D

TAMPILAN BLOG

Sumber: www.principalspage.com
Definisi: “tampilan blog” atau sering didengar dengan sebutan "blog theme" adalah tampilan luar (depan) dari blog itu sendiri. Dan ini yang akan terlihat tentunya pada pengunjung blog.

Ada beberapa bagian-bagian yang terlihat dalam Tampilan Blog seperti:

  • Headersebuah space yang berada paling atas pada blog. Header ini berisi judul, deskripsi, menu dan juga banner ukuran kecil yang biasanya menunjukkan "jati diri" pemiliknya.  
  • Contentberada di bawah header yang terdiri dari post, comment, sidebar dan eleman lainnya seperti tombol share
  • Sidebarberisi elemen-elemen seperti widget, about me, iklan, archive, labels/tag, banner lomba, dsb
  • Footerbiasanya berisi link yang menuju pada pembuat theme blog itu sendiri

Bagaimana Seharusnya Memilih Tampilan Blog?

Banyak blogger saat ini "lebih" mementingkan tampilan blog dibanding "isi"nya. Padahal tampilan blog yang sederhana tetapi dengan isi yang bagus, itu lebih baik. Tetapi, kalau mau lebih dan lebih bagus lagi kalau tampilan blog menjadi pelengkap isi atau konten blog yang bagus.

Berikut ada beberapa langkah-langkah dalam memilih Tampilan Blog yang baik (sesuai dengan pemahaman saya selama ini):
  • Warna tulisan dan blog harus sesuai dan serasi. Jadi, tidak asal suka warna saja. Akan sayang sekali jika blog kita sudah isinya bagus dan tampilan oke, tetapi tidak bisa dibaca. Sedih pastinya ^_^
  • Navigasi yang bagus. Hal ini akan membuat pengunjung nyaman berlama-lama di blog kita karena tidak rumit untuk menemukan satu artikel ke artikel lain.
  • Area konten yang jelas. Usahakan kotak/blok untuk konten sedikit lebih lebar dibandingkan yang lain. Jangan sampai ukuran kotak konten sama dengan sidebar atau kolom komentar.
  • Widget sudah memiliki tempat di area sidebar. Untuk itu diatur dan ditata serapi mungkin
  • Fitur komentar yang tidak menyulitkan pengunjung. Biasanya ada blog yang mengaharuskan pengunjung mengisi captcha atau pengaman lain yang rumit. Makanya, jangan sedih kalau kurang pengunjung. Lebih baik moderasi saja jika ingin berhati-hati terhadap komentar spam. Tetapi, komentar spam itu juga sebenarnya bisa dihapus manual. Atau jika ada komentar "nyeleneh" itu bisa diubah ke spam atau langsung hapus saja.
  • SEO Friendly... tampilan blog yang baik adalah yg bersahabat dengan SEO. Bagaimana itu? Bisa googling..

Perlu Diperhatikan!!!

Mengubah tampilan blog dengan template-template yang menarik itu boleh saja. Asalkan yakin tidak akan "melukai" blog sendiri. Maksudnya tidak membuat blog terganggu dan semakin parah. Ujung-ujungnya tidak bisa ngeblog ^_^

Coba ingat ini sebelum mengganti tampilan blog:
  • Sudah mahirkah dalam mengedit HTML dan CSS?
  • Sudah menguasaikah platform blog yang Anda gunakan?
  • Sudah pahamkah dengan Layout?
Jika sudah, mulailah dengan tampilan sederhana dulu. Dan jika "ingin sekali" tampilan blog yang keren dan eye catching, bisa menggunakan jasa orang lain yang lebih mahir. Tetapi inti tentu membutuhkan budget lebih.Atau jika ingin "belajar sendiri", bisa memanfaatkan fasilitas internet yang sudah banyak mengupas bagaimana mengganti template/theme blog.


*****

Nah, sampai di sini dulu materinya. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa di kolom komentar. Selain saya, jika ada yang memiliki pengetahuan lain seputar tampilan blog, bisa sharing juga yah ^_^

Terima Kasih...

Salam,

Rahmah (Bunda Salfa)

Berikut ini adalah diskusi yang berlangsung di grup facebook:

Top of FormTanya (T):
Aisyah: Trik khusus menguasai kode CSS itu gimana?

Jawab (J): Aisyah, kalau saya sendiri pengalamannya buat blog latihan untuk belajar edit-edit-nya... jadi kalau salah gak stress . 

T: Sri Muliana Trik singkat saja Rahmah, tentang theme yang SEO friendly. Selama ini sekedar utak-atik tampilan luar saja.

J: Kak Sri Muliana theme yang SEO friendly itu maksudnya kalau dibuka tidak membutuhkan waktu loading lama. Salah satunya adalah dengan minimalisasi banner-banner yang tidak penting.

Tanggapan (T) Herviana Kamaluddin iya. Kalau saya biasanya coba-coba dengan blog sendiri. serching kode-kode di internet untuk mengubah tampilan tertentu, lalu di copy ke blog sesuai arahan dan dicoba. Jadi bisa tahu untuk kode-kode yang ada bisa digubakan untuk apa 

J: wah bagus kak Herviana Kamaluddin bisa ajarin trik cepatnya buat yang lain kalau punya.

T: Sri Muliana: Oh, saya kira harus masukkan script tertentu. Oh, iya.. Pernah mampir ke blogku? SEO friendly mi itu?

T: Herviana Kamaluddin: apa nama blogta Sri Muliana? Iya memang kita masukka script (kode-kode) tertentu memang. kodenya/scripnya bisa dicariji/dipelajari di internet.  intinya sama yang dibilang kak Rahmah, biar blognya tidak lalod alias lama loading.

Sri Muliana www.pondokummi.com

J: ini ada contoh tampilan blog yang simple dan sangat SEO Friendly:
http://contohblognih.blogspot.com/2014/05/template-blog-simple-super-seo-friendly.html
Teman-teman bisa cek SEO Blog di situs https://chkme.com ini, semakin mendekati 100% maka semakin SEO friendly blog-nya. Dan disitu juga diberikan penjelasan step by step mengenai blog yang kita miliki. Di situ juga dijelaskan mulai dari heading sampai hal-hal yang harus diperhatikan mengenai kekurangan blog kita.

T: Herviana Kamaluddin ini salah satu link untuk tahu tentang SEO friendly : 
http://www.mas-sugeng.com/2014/03/modifikasi-template-blogger-jadi-seo.html

Rahmah usahakan copas kode2 html bukan di simpan di word tp notepad yah...

T: Abby Onety Wah menarik sekali. Ini hal yg tidak pernah sy perhatikan di blog. Bukan sengaja tapi memang tidak tahu menghiasi blogku dengan pernak-pernik. Walaupun saya sangat ingin memberikan nuansa yang beda dan menarik pengunjung. Lihat saja tampilan blogku hehehe. Kalau bukan karena Nur Sahadati Amir, Aida Al Fath, Aisyah, dan bu Mugniar tidak akan seperti itu. Karena saya hanya tahu menulis di blog. Selebihnya, “Oohhh no coment”. Jadi, saya akan belajar dari setiap pertanyaan yang masuk dalam diskusi ini. Karena jika saya di suruh bertanya maka pertanyaanku semuanya tentang cara menghiasi blog.

T: Sri Muliana Jazaakillah khairan Rahmah atas pencerahannya. Insya Allah bermanfaat 

T: Aida Al Fath hehe yang penting sudah rapi, teratur, enak dipandang, dan tulisannya berkualitas itu saja. betulmi itu yang na bilang kak Abby Onety. 

T: Mugniar: Saya mau tanyakan, bagaimana widget yang standar yang memenuhi fungsi sebuah blog, sekaligus SEO friendly. Maksudnya, adakah yang harus ada di widget, kemudian apa yang tidak perlu ada. Apa yang boleh tapi lebih baik tidak ada. Dan apa yang sama sekali jangan sampai ditaruh di widget?

Aida Al Fath, ilmu ngeblog itu luas sekali. Yang Aida sebutkan itu penting tapi yang dibahas sama Bunda Salfa di sini juga penting. Kalau blogger, sebaiknya belajar juga yang seperti kita bahas ini. Ada blog yang sudah rapi, teratur, enak dipandang, dan tulisannya berkualitas tapi tidak disukai mesin pencari (seperti Google) atau loadingnya lambat. Itu bukan termasuk blog yang bagus ;)

T: Nur Sahadati Amir: Baru baca note-nya mba Rahmah, tampilan blog juga penting menurut saya. Ibaratnya rumah nih, sebuah rumah itu harus menarik dan nyaman bagi pemilik dan tamunya biar betah. Begitu juga dengan blog kita hrs membuat pengunjung di blog merasa nyaman.

T: Mugniar:  Tapi tampilan "menarik" untuk tiap orang beda2, Nur Sahadati Amir. Menarik buat saya, belum tentu menarik buat Nunu. Kita perlu tahu "menarik" yang bagus dalam dunia blogging sebenarnya yang bagaimana, gimana? 

Mugniar: Nah, mengenai navigasi yang bagus. Hal ini akan membuat pengunjung nyaman berlama-lama di blog kita karena tidak rumit untuk menemukan satu artikel ke artikel lain. Yang mana yang masuk kategori "navigasi yang bagus" itu, Rahmah? Kalau saya, nyaman dengan adanya widget arsip berdasarkan bulan, ada label ... hm .. apa lagi ya?

J: Bunda Mugniar, navigasi yang bagus bisa dilihat pada kerapian menu yang tidak lain berisi link-link artikel yang ada di blog. Jadi kalau di-klik tidak membawa pengunjung ke artikel yang tidak sesuai dengan judul, biasa ada blog yang bawa pengunjung ke iklan dulu atau klik apa gitu dulu. Kalau di widget yang harus ada : recent post, popular post, comment, category/label (kalau tidak tersedia di header). Yang opsional seperti iklan dan statistik.

Widget yang penting-penting saja dipakai karena sekarang sudah banyak yang ngeblog via smartphone, nah kalo "maramba" sekali widgetnya kasihan bandwithnya orang yang cuma berkunjungnya pakai smartphone.

T: Nur Sahadati Amir Kalau menurut saya tampilan blog yang menarik adalah blog yang tidak "marompa" hehe alias rame skali. Banyak sekali iklan di dalamnya sehingga sulit untuk baca artikelnya. Selain itu ada juga blog "sekke'" sebelum masuk di blognya kita harus like dulu fanpage-nya. Itu membuat saya kurang nyaman. Biasanya kalau dapat blog sprt ini saya buru-buru kabur. 

J: Kak Nur Sahadati Amir ada benarnya, kalau blog "marompa" jadi pusing juga mau lama2 membaca artikelnya, belum lagi kalau kursornya diganti pake icon yang aneh-aneh. Itu salah satunya memperlambat blog.

T: Sri Muliana Betul Nur Sahadati Amir , belum lagi itu iklan yang melayang-layang, apalagi kalau kita browsing pake HP, terasa mengganggunya 

J: kalau saya punya ilmunya,insya Allah dibagi lagi J

T: Naili Amalia:  kalau boleh menambahkan, salah satu hal yang penting lain adalah memilih/ menggunakan template yang mobile friendly. Sebagai mana kita tahu bahwa pengguna internet saat ini banyak juga yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet. Jangan sampai pembaca blog kita kabur gara-gara blog kita nggak enak dibaca lewat perangkat mobile. Bbrp hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
- Tidak menggunakan javascript yang berlebihan (banyak perangkat mobile terutama yang specnya rendah, tidak bisa menampilkan javascript)
- Elemen-elemen URL dan button di dalam blog tidak terlalu berdekatan sehingga memudahkan pengguna mobil untuk mengakses halaman lain di blog kita
- Size content to the viewport. Viewport disini maksudnya adalah halaman page yang kita lihat. konten blog kita harus selebar viewport meskipun diakses dari perangkat yang memiliki ukuran berbeda (tiap tipe hape memiliki ukuran layar yang berbeda, demikian pula tablet ataupun layar komputer). Pada umumnya kan pembaca mengakses web/blog secara vertikal. kalau kontennya tidak fit pada viewport (lebih lebar, misalnya) maka pembaca harus scroll secara horizontal juga untuk membaca blog kita yang tentunya kurang nyaman.

Mugniar: Mudah-mudahan besok-besok Mbak Naili mau bagi-bagi pengetahuannya dengan IIDNers Makassar JBottom of Form



0 komentar:

Posting Komentar