[Sabtu Berbagi] Indah Febriany: Ingin Berbagi dalam Segala Ruang

Pada [Sabtu Berbagi] 14 Februari 2015, Indah Febriany yang akrab disapa Riri berkesempatan membagikan pengalamannya tentang berkomunitas

Berkomunitas atau saya lebih suka menyebutnya berorganisasi, sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupku sejak SMA.

Namun, panggilannya terasa begitu dekat ketika saya terlibat dalam proses penerimaan menjadi seorang relawan "Pencerah Nusantara" 2 tahun yang lalu.

Satu pertanyaan yang cukup lekat dalam ingatan kala itu, yang diucapkan oleh salah satu penulis pada sesi wawancara. "Apakah Anda yakin siap untuk berbagi? Dimana, selama 1 tahun Anda akan dikirim ke sebuah daerah yang mungkin untuk sinyal pun tidak ada."


Sepulang dari Jakarta mengikuti tes tertulis, FGD dan wawancara, pertanyaan itu terus saja menyisahkan ruang kosong. Dan, saya sudah tahu bahwa saya tidak akan lolos menjadi seorang "Pencerah Nusantara" kala itu.

Tapi, justru kegagalan itulah yang membuat saya yakin bahwa menjadi relawan atau berkomintas merupakan panggilan jiwa yang sudah lama saya tidak hiraukan.

Saya bergabung menjadi bagian dari komunitas Sigi Region Makassar pada 2 tahun lalu di penghujung tahun. Mengambil bagian pada project 6 membuat langkah saya semakin giat menjadi komunitas yang mampu membuat saya semakin berkembang.

IIDN Makassar menjadi tempat berlabuh keduaku, untuk mengembangkan kemampuan menulis dan memperbaiki tata bahasaku. Bukan hanya IIDN Makasar sejumlah komunitas penulis lainnya juga menjadi pilihanku.

Salah satunya di Komunitas PenulisPro Indonesia, dari komunitas ini, kemampuan menulis bukan saja terasah dengan baik. Tetapi, bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui kegiatan menulis artikel SEO. Dimana, paling sedikit 25 artikel SEO (Search Enginge Optimation) dengan rata jumlah kata 1.200 kata per hari harus diselesaikan.

Ketika merasa mapan dari segi teknik penulisan, saya memutuskan untuk bergabung menjadi Sobat Lemina dalam program Nulis Bareng Sobat. Membagi ilmu dan teknik penulisan bersama anak-anak kelas 4 SDN Paccinang, seperti meniupkan angin segar pada qalbu yang sering merasa gersang.

Dan, tahun ini saya mengambil bagian dalam " Makassar In Cinema" yang gelar oleh Meditatif Film. Di mana, saya mempelajari teknik penulisan Sinopsis, skenario film serta bagaimana cara menjadi sineas yang baik dan sutradara yang handal.

Semoga, film pendek yang kami hasilkan dapat disaksikan bulan April ini. Siapa saja yang ingin belajar teknik penulisan artikel SEO dan skenario boleh kapan-kapan kita sharing. Saya kira itu saja. Langsung sharing saja yaa

Berikut ini diskusi di grup FB IIDN Makassar:

Tanggapan (T): Abby Onety Jempol sama adek yang satu inim Indah Febriany. Selain kagum dengan beragam organisasi yang diikuti, saya juga sering intip-intip tulisannya yang indah. Untuk membuat tulisan-tulisan indah seperti itu, dari mana saja, sih idenya? Siapa yang menginspirasi adek dalam karir menulisnya?

J: Menulis merupakan kegiatan yang kulakukan setelah kemampuan membaca saya OK, (Disleksia yang menghambat kemampuan membacaku hehehe). Idenya biasanya dari semua rasa yang saya punyai kak Abby Onety, karena saya percaya bahwa emosi yang kita miliki mempengaruhi tulisan yang dihasilkan. Dan, terkadang ketika sedang marah, malah kemampuan menulisnya jadi maksimal. Orang yang menginspirasi kak sepupuku Asdar Muis (alm). Dan, orang-orang yang berhasil menulis buku berdasarkan kisah nyata (Based On True Story). Ayooo, Kak Abby, kapan-kapan kita sharing buat artikel SEO.

T: Andi Bunga Tongeng: Artikel SEO itu, jenis artikel yang kayak gimana? Atau artikelnya bisa apa saja, tapi cuma beda di tema, agar bisa ditemukan oleh mesin pencari?

J: Indah Febriany Artikel SEO biasanya dibuat berdasarkan keyword Google kak Bunga. Ada program yang memang digunakan untuk menghasilkan kata-kata kunci tersebu.. Setelah itu harus di cek tinggal plagiasinya. Bisa pakai yang gratisan ataupun berbayar.

T: Mugniar: Waah keren Ri, pengalamannya. Sepertinya nanti bisa berbagi SEO lagi di sini ya.

T: Abby Onety Ohh, kakak ta’ pale itu Pak Asdar Muis? Al-Fatihah untuk beliau. Sy termasuk orang yang kagum sama beliau. Banyak menginspirasi orang lain. Dan banyak penulis besar karena beliau. Oh ya, secara umum SEO itu sebenarnya apa? Buta ka’ 100 % tentang SEO.


J: Indah Febriany Iye, kak Asdar Muis yang menanamkan benih2 menulis. Justru dialah yang menemukan bakatku sebelum saya sadar kak Abby Onety. SEO itu lebih ke kata kunci yang sering kita cari kak di google. Dan sekarang, artikel SEO itu masih dilakukan segelintir orang. Padahal, itulah ladang usaha dan mencari duit jika kita lihai melihat peluang. Tapi, saya masih bagian yang menyemarakkan artikel belum ke arah bisnisnya. Iya Kak Mugniar, kapan-kapan kita kupas tentang penulisan artikel SEO. 

0 komentar:

Posting Komentar