[Sabtu Berbagi] Ririn Tentang Airin

Airin Handicrabby adalah brand yang diusung oleh Ririn Gustiana. Simak ceritanya di catatan [Sabtu Berbagi] pada 10 April lalu.

Alhamdulillah, Sabtu Berbagi kali ini mau berbagi sedikit pengalaman saya bersama Airin Handicrabby. Maafkan kapasitas saya kalau baru memposting hari Ahad, uhuk... sepertinya hari ini kita sebut saja Ahad Berbagi J

Tahun 2008, di tahun sibuknya tugas-tugas kuliah saya punya hiburan baru yang meredam stres yaitu menekuni dunia flanel dan membuat beberapa kreasi handmade darinya. Barang-barang lucu yang tidak bisa kubeli saya coba menghadirkannya dengan DIY, do it yourself. Semenjak itu saya menggunakan aksesoris buatan sendiri mulai dari strap phone, sampul buku, penghias pulpen dan barang-barang kamar lainnya. Intens dengan kesukaan itu saya pun memutuskan membuat usaha kreasi flanel setelah banyak teman-temanku tertarik memesannya.


Kini di pertengahan 2016, alhamdulillah Airin masih berjalan dengan sehat walaupun sempat terseok-seok di sebagian jalan. Memulai sesuatu lalu mempertahankannya memang butuh kemauan dan kerja ekstra keras. Kini Airin tidak hanya membuat produk berbahan flanel saja, beragam kreasi berbahan lain muncul seiring berjalannya usaha ini. Alhamdulillah~ yuk selalu semangaaat.

Selanjutnya, inilah catatan pada sesi tanya-jawab:

Mugniar Tanya (T):

Tidak terasa sudah 8 tahun, ya Rin. Sudah harus ekspansi.

Saya kenal Ririn Gustiana gara-gara ngeblog. Ririn tidak sengaja nyasar ke blog saya, sepertinya tahun 2011, ya Rin? Satu hal yang saya kagumi dari Ririn, dia berani utak-atik blognya. Ririn belajar sendiri, mengandalkan Google. Blognya bisa berubah-ubah tampilannya dari hasil utak-atik sendiri, padahal dia anak Sastra Jepang. Hebat, kan? Hebat, lho itu karena saya sendiri tidak suka utak-atik blog kalau harus mengubah-ubah coding-nya. Pusing. Tapi Ririn bisa belajar.

Suatu ketika kami kopdar. Ririn datang ke rumah bersama Uchi, blogger yang tinggal di Kalimantan. Senangnya bisa bertemu mereka.

Ririn membawakan beberapa kreasi flanel. Cantik-cantik. Sandal yang buat Athifah putri saya, masih ada sampai sekarang. Masih bisa dipakai karena waktu itu kebesaran grin emotikon

Kerennya lagi, Ririn membuatkan usaha hand made-nya sebuah blog sendiri. Juga ada page-nya. Teman-teman yang mau jualan via online, mesti belajar sama Ririn, nih.

Ririn, nanti sharing lagi ya tentang bagaimana memulai menulis di blog. Dan waktu baru mulai, Ririn ngapain saja sampai mendapatkan manfaat dari blog?

Oya, boleh tanya, tidak? Sekarang, pemesanan online kalau dibandingkan pemesanan offline untuk Airin, berapa persen?

Bagaimana suka-dukanya berjualan online?

Ririn (Jawab/J):

Alhamdulillah kak Mugniar, Allah mengabulkan banyak doa-doaku bersama dengan Airin. Iya di pertama ketemu ki di akhir 2011, waktu pertama kaliku buat blog dan rajin-rajinnya bewe. Insyaa Allah kak kalo ada kesempatan mau sharing lagi hehehe.

Di Airin sendiri karena memang basisnya online jadi jauh lebih banyak peminat dari dunia maya kak. Kalo persentasikan hampir 80-20, offline memang sulit sekali saya sentuh dan masih jadi targetku lagi ke depannya. Respon masyarakat dengan karya handmade di sini masi terbilang sedikit kak itu menurutku sih atau memang saya masih kurang bergaul lagi hehehe dan memang butuh banyak gaul lagi J

Mugniar:

Masih banyak malu-malunya bela -_- J

Ririn Gustiana

Fufufufu lebih pandaika bercuap-cuap dengan tulisan daripada berbicara langsungka, itumi salah satu sukanya jualan online. Keterbatasan menjadi terbuka lebih lebar bagi orang-orang seperti saya. Dukanya sendiri banyak sekali calon-calon customer yang terkadang 'main-main' ji menghubungi. Pernah beberapa kali mendapat customer usil yang menanyakan hal-hal di luar jualan fiuh. Oiya dukanya juga kak banyak yang suka PHP hehehe

Mugniar

Iya yah .. Ririn Gustiana karena ndak ketemu langsung orangnya. Bisa-bisanya itu ada yang tega begitu. Meskipun online.

Ririn Gustiana

Iya hehe itumi juga resikonya karena kita membagikan kontak di dunia maya. Cuma cara menanggapinya saja mesti sabaaar, tarik nafaas fiuuh hembuskan hehe

Nanie:

Memang ada kesenangan tersendiri dalam dunia craft, apalagi kalo buat sesuatu untuk orang lain dan orang yang dibuatkan suka Salam kenal Ririn Gustiana, sukses usaha ta smile emotikon

Ririn Gustiana:


Iye puas rasanya kalau customerta suka sama karya kita

0 komentar:

Posting Komentar