[SABTU BERBAGI] Lapak BukuKuJual

[Sabtu Berbagi] di grup Facebook IIDN Makassar pada 2 April ini diisi oleh Nanie. Ia bercerita mengenai kegiatan menarik yang dilakukannya bersama teman-temannya.

Assalamu alaikum wr wb, apa kabar semua? Kali ini saya diamanahkan untuk mengisi Sabtu Berbagi di grup IIDN Makassar, yang sayangnya saya lupa kalau waktunya adalah hari ini. Semoga nda kemalaman ji kodong dan masih ada yang menyimak hehehhe

Foto: Nanie
Karena saya belum punya buku untuk dibagi atau diceritakan jadi kali ini mau cerita saja soal kegiatan saya yang masih berhubungan dengan buku, jualan buku bekas atau lebih populer dengan nama Lapak BukuKuJual.

Awalnya, ide untuk menggelar lapak BukuKuJual datang dari kami bertiga, saya – khie – unga. Banyak buku koleksi pribadi yang hanya menumpuk saja di rak buku atau berdebu di dalam kardus dan tidak sempat dibaca, yang akhirnya kertasnya menguning. Nah kenapa tidak dijual saja? Bukunya rata-rata masih mulussss. Ide ini sudah lama kami bicarakan tapi baru direalisasikan di bulan Agustus 2015.

Ada beberapa hal yang mendasari mengapa kami akhirnya mewujudkan ide tersebut. Yang paling utama adalah kami pengen beli buku baru tapi lagi bokek hahahhaa. Dalam kasus saya, pengen beliin sepeda buat babyjo (yang ternyata harganya lumayan mahal hiks). Alhamdulillah, hasil lapakan bukukujual vol I lebih dari cukup untuk membawa pulang sepeda idaman.

Alasan lainnya, koleksi buku tersebut hanya berdebu saja. Semakin ke sini, semakin banyak kegiatan dan waktu untuk membaca buku semakin berkurang. Dengan menjualnya kembali, paling tidak buku tersebut lebih berguna untuk orang lain yang benar-benar butuh tapi memiliki budget terbatas. Meskipun bekas, isi buku tidak akan berubah bukan?

Selain itu, di Makassar, belum ada kan ya lapakan buku bekas? Jadi mari kita memulainya. Dulu memang pernah ada lapak buku bekas di Jl. Sungai Cerekang. Saya ingat dulu sering beli buku di sana pas jaman masih SMA, tapi itupun sudah lama tutup dan warungnya sudah berubah jadi penjual sarabba.

Lapak BukuKuJual baru digelar tiga kali yaitu bulan Agustus 2015, Oktober 2015, dan Februari 2016. Di Vol 1, buku bekas yang dijual hanyalah novel koleksi pribadi dan buku-buku agama. Lalu makin beragam karena banyak juga ternyata yang berniat sama, ingin menjual bukunya demi membeli buku baru tetapi sayangnya belum ada yang mewadahi. Akhirnya kami menerima semua jenis buku untuk dijual. Di Lapak BukuKuJual vol 3 bulan Februari 2016, malah ada yang cari buku- buku kesehatan dan buku teknik.

Selain menjual buku bekas berkualitas dengan harga murah (harga mulai 5 ribu rupiah saja!), kami juga menerima titipan buku loh. Buku apa saja boleh, kita gak tau kan buku apa yang sedang dibutuhkan orang lain? Mau novel, komik, cerita anak, fiksi, majalah, buku motivasi, buku agama, wirausaha, internet marketing, komputer, biografi, desain, traveling dan lain-lain, semua bolehhhhh.

Persyaratannya hanya dua:
1. Harga buku kelipatan 5 ribu rupiah dan diberi label sendiri. Jadi memudahkan saat penjualan.
2. Jika buku diantar sendiri ke lokasi penjualan, pembagian 10% untuk pihak BukuKuJual. Jika buku dijemput, pembagiannya 20%.

Nah bagaimana, tertarik? Daripada bukunya berdebu di kardus, lemari atau rak buku, yuk mending dijual lagi. Nanti bisa dapat duit untuk beli buku baru atau kebutuhan lain, dan buku tersebut juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya.



0 komentar:

Posting Komentar