[Sabtu Berbagi] Photo for Blog

Materi ini disampaikan oleh Zilqiah Angraini pada tanggal 24 Oktober 2015 di grup Facebook IIDN Makassar

Assalamualaikum,wr.wb apakabar buibu semua semoga sehat selalu, aamiin ^^ alhamdulillah diberi amanah sama bu ketua Mugniar untuk mengisi sabtu berbagi tentang "PHOTO FOR BLOG"

Bukan maksud mmberi materi, karena saya yakin sudah banyak dari kita semua yang sering dapat tips dan trik tentang foto untuk blog, di sini saya cuma sekedar sharing tentang cara saya mengambil dan mempublish foto di blog saya J

Pertama adalah tentang syarat foot ideal untuk Blog :

- High Resolution


Kondisi foto saat di edit harus HIGH RESOLUTION saat akan di publish baru diturunkan resolusinya.

Ukuran minimal adalah di atas 1000 pixels dan saat akan di publis menjadi “original size” minimal 500px. Lebar foto vertical dan horizontal disamakan dengan lebar layout pada blog. misalkan layout blog saya 1200px foto2 yang saya publish dengan pilihan original size itu 800px (untuk foto landscape-melebar) dan 650px (untuk foto potrait-memanjang).

- Tentang foto pakai apa? dan aplikasi edit fotonya apa?


Untuk saya sendiri, saya memakai kamera DSLR canon eos 60D dengan lensa Fix 50mm F1,8. tapi bukan berarti kamera digital atau smartphone tidak bagus hasilnya ya. Saya juga awal-awal ngeblog foto pakai smartphone. Tips ya harus pandai mengukur angle yang tepat dan lincah menangkap momen. Sekarang banyak loh artikel yang memberikan tips trik ttg memaksimalkan foto dengan smartphone.

Hanya saja kalau saya pakai smartphone saya maksimalkan di aplikasi pengedit foto. bisa fotonya saya pindahkan dulu ke PC baru di edit di photoshop atau langsung di edit di hape dengan menggunakan aplikasi yg tersedia untuk hape, saya biasanya pakai aplikasi picsart, vcsocam, photogrid, dan piclab.

Saya mengedit bukan sekedar kecerahannya saja tapi juga menambahkan tonal (nuansa warna foto) dan typography. jangan lupa untuk tetap mengatur ukuran ^^

-Penempatan foto di Blog


saya pribadi lebih suka dengan layout focus blog photography, yang memulai postingan dengan foto-foto baru kemudian isi tulisan artikelnya. atau juga mulai dengan foto, tulisan, kemudian foto lagi, lalu tulisan lagi, dan seterusnya.

Sekiranya hanya tiga poin penting ini dulu yang bisa saya share disini, kalau teman-teman sekalian ada yang ingin di tanyakan silahkan kita bahas dan share bersama, mana tau ada yang saya belum tau yang sudah teman-teman tau hehehehe. salam dari saya ^^

Tanya/jawab:


Tanya:
Nur Sahadati Amir: btw, kalau mau ngedit yang cepat gimana caranya? biasanya kalau saya edit foto untuk blog butuh waktu yang agak lama jadi itu biasanya yang bikin diriku malas editnya jadi upload foto apa adanya saja (maaf ya teman2 ini jangan ditiru)

Jawab:
Kalau pake PC cocoknya cepat kalau pakai Photoscape, Kak.

T: Mugniar: Bagi saya, materi ini canggih sekali. Pantesan foto-foto Qiah keren-keren. Kalo ke blog Qiah saya selalu fokusnya di foto atau infografisnya, soalnya gambarnya terlihat keren. Saya tidak ngerti istilah teknis tapi dengan melihat saja, "rasa" bagus fotonya sudah jelas. Dan, momennya itu lho ... utk pose spontan, selalu saja enak dilihat. Sudah berapa lama Qiah menekuni fotografi? Sudah tahunan ya?

J: Terimakasih banyak kak pujiannya, hehe ^^ kalau ditanya sudah berapa lama menekuni fotografi dari SMA (2003) sebenarnya sudah suka foto2 waktu itu pakai camdig yg jd hadiah ultah 17 tahun dari papa saya... tapi karena masih pelajar jadi blum fokus pelajari materinya, cuma sekedar otodidak, sampai akhirnya masuk kuliah awal semester, jaman selesai jadi MABA (2007) baru deh serius menekuni fotografi, masuk komunitas dan ikut berbagai workshop fotografi.

T: Eryvia Maronie Good sharing dear Zilqiah Angraini
Tapi saya masih kurang ngerti dgn lebar foto vertikal & horisontal disamakan dgn lebar layout blog. Jadi maksudnya harus seimbang gitu? Soalnya fotoku ada juga yang square.

J: Makasihh kak Er ^,^ seperti ini maksud saya kak Er, ini ada di settingan design template lebarnya bs diatur sendiri. foto yg sy post ini juga square (700x700).


T: Mugniar: Ukuran foto Qiah berapaan, sampe ratusan kilo byte? Di samping suka lihat foto, saya suka takut-takut ke blog yang fotonya bagus-bagus soalnya waspada sama kuota modem bela ... sekalinya tiba-tiba habis.

J: iya kak niar foto di blog saya kalau di download rata-rata 200 sampai 300KB tapi dengan Dpi rendah, jadi terbukanya cepat, berikut detailnya. Dpi itu sama ji resolusi kak, tapi biasa digunakan kalau mau nge-print. tapi karena blog ndak di print ji jadi pakai dpi rendah saja... kalau mau di print baru dpi nya di tinggikan biar hasil print ndak pecah.



T: Mugniar: Satu lagi ya Qiah ... typography itu maksudnya apa?

J: typhography itu tulisan2 di model kak niar, dengan font2 yang digabung2kan seperti ini contohnya...


T: Nurfaisyah: Pakai aplikasi apaki bikin infografis?

J: Pakai Photoshop

T: Nur Islah: Nur Islah Zilqiah Angraini, gimana itu caranya ada foto di blog yang penempatannya kayak 2 kolom begitu? Trus kenapa saya kalo saya bikin original size awuta-awutan bentuknya, kayak ndak muat.

J: itu fotonya harus di resize dulu kak baru di upload ke blog,.resize nya harus sesuaikan dgn lebar layout blog... meresize saya biasa pake photoscape (untuk PC)





0 komentar:

Posting Komentar