[Sabtu Berbagi] Belajar SEO Dasar

Materi ini merupakan materi [Sabtu Berbagi] yang dibawakan oleh Indah Febriany (Riri) di grup Facebook IIDN Makassar pada 13 Juni 2015

Selamat siang, sabtu ini saya ingin share tentang apa sih yang di maksud artikel SEO? Trus pentingkah seorang blogger mengetahui teknik penulisan artikel SEO? Semoga infonya berguna yaaa.

Sumber gambar: http://sunshinecoastseo.com/
Kita mulai dengan pertanyaan sederhana.

Sudahkah Anda mempunyai blog atau website ? 
Pernahkah Anda menjadi bingung, karena pengunjungnya sangat sedikit, Kenapa?

Padahal blog atau website teman-teman sudah OK, templatenya keren dan profesional, Link bahkan navigasi blok juga ok, tapi jika pengunjungnya sangat sedikit rasanya ada yang kurang ya.
Salah satu penyebabnya, mungkin Anda kurang mendalami ilmu SEO, baik secara sederhana sekali sampai mahir menjalani teknis – teknis SEO. Pada Sabtu ini, saya akan mencoba memaparkan kepada teman-teman rahasianya menerapkan teknik ampuh dalam meng-optimalkan Search Engine agar blog mendapatkan page range dengan hit yang tinggi.

Namun, hal pertama teman-teman harus mengetahui "Apa itu SEO ????"

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik dari search engine menuju alamat web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Bahasa sederhananya, SEO dimaksudkan untuk membuat blog atau website teman-teman mendapatkan banyak pengunjung.

Apa sih tujuan utama SEO??

SEO bertujuan menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian search engine (10 besar SERP) berdasarkan subyek atau keyword tertentu. Secara logis, alamat situs / blog yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Nah, pertanyaan selanjutnya pentingkah Blogger mengetahui dan mempelajari teknik SEO??
Jawabannya, sangat penting untuk dipelajari. Karena seseorang yang dikategorikan blogger, bukan karena mereka sudah memiliki blog saja, tetapi juga harus membuat blog tersebut menarik dengan menyajikan informasi yang "up to date". Otomatis, seorang blogger harus mengikuti segala informasi dan paling sedikit menulis 2 artikel per hari. Siapkah teman-teman melakukannya??

Sebenarnya, secara garis besar SEO dikategorikan dalam 2 jenis, yakni On Page SEO dan OFF page SEO. Namun, info yang akan saya bagikan hanya berkisar ON Page SEO saja.

1. Perhatikan isi dari pada blog atau web Anda dengan teknis dasar SEO.
Pertama Kali setelah buat blog/website yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

A. Tittle atau Judul postingan,
Pilih topik atau judul utama blog Anda yang benar-benar Anda kuasai, agar content terlihat original, sajikan dengan bahasa yang bersahabat. Pilihlah judul blok atau web Anda yang Niche (bersifat society) dan yang umum yang sering dicari orang.
Sesuaikan antara judul atau tittle dengan keyword dan tag keyword yang akan diindeks oleh search engine nantinya. Perhatikan heading yaitu Title atau judul utama website/blog Anda. Sesuaikan Judul/Tittle dengan keywords yang akan anda optimisasi.

B. Tag Keyword
Perhatikan dalam menentukan Tag dan Keywords yang sesuai dengan Isi Blog anda.
Contohnya berikut ini:
<meta name=“keywords” content=“sukses bisnis online, belajar mudah seo,tips bisnis online, blog online bisnis, langkah awal bisnis online, cara cerdas meningkatkan pagerank” />
Tentukan Tag untuk Description blog anda. Seperti contoh berikut ini:
<meta name=”description” content=”Cara Sukses Bisnis Online” />

C. Link Navigasi blog atau web harus tersusun secara rapi supaya mudah dilihat dan tidak membingungkan pengunjung dan menghindarkan error pada saat indeks content oleh search engine.

D. Broken Link, pastikan tidak ada link yang rusak di blog Anda, agar tidak terjadi error pada saat diindeks oleh search engine.

E. Domain mengandung Keyword, Buatlah nama domain untuk blog atau web Anda dengan ringkas, mudah diingat dan yang penting mengandung teknis SEO keyword.

2. Perhatikan isi postingan atau isi artikel pada blog teman-teman. Seperti:

Perbanyak postingan dengan page tertentu sangat mempengaruhi dalam mengoptimalkan posisi Anda pada search engine.
Perhatikan judul postingan atau page pada artikel Anda, usahakan agar judul page artikel Anda mengandung 250 kata pertama pada index keywords.
Perbanyak Redirect pada link yang menuju pada web atau blog Anda, karena pada search engine untuk memberi penilaian pada sebuah website apakah website tersebut layak ditempatkan pada halaman pertama atau tidak adalah dengan menilai berapa banyak link yang mengarah ke website Anda, maka semakin tinggi posisi Anda pada search engine.
Penggunaan Bold, Italic, tanda kutip, Underline, perbedaan warna sangat berpengaruh besar dalam mengoptimalkan suatu keyword.
Dan yang paling penting dalam melakukan atau menerapkan SEO setelah mendapatkan keyword yang ingin ditulis yakni "JANGAN PLAGIASI." 
Judul boleh saja sama, namun isinya diharapkan memiliki hal lebih dibandingkan dengan tulisan yang sudah ada.

Langkah pertama yakni mulailah menulis.. Teman-teman bisa mencobanya dengan mengetikkan kata kunci atau keyword pada google atau yahoo.. Dan, cobalah menulis tentang hal tersebut. Selamat mencobaaaaaa...

Selanjutnya terjadilah diskusi di bawah postingan ini:

Mugniar: Saya tidak sepenuhnya paham tentang SEO tapi sebagai blogger, saya tahu saya harus mempelajarinya sedikit-sedikit. Minimal utk tahu, bagaimana supaya blog saya tidak dicap jelek oleh Google. Karena peringkat blog kita bisa naik atau bisa turun tergantung penilaian Google (tolong dikoreksi kalo saya salah ya Indah Febriany). Saya juga ingin monetize blog (mencari uang melalui blog), jadi saya harus pastikan peringkat blog saya tidak jeblog. Oya terima kasih ya Indah Febriany, sudah meluangkan waktunya utk sharing di sini

Andi Bunga Tongeng: Makasih Riri. Tapi masih bingung. Apa yang dimaksud dengan "domain mengandung keyword?"

Naili Amalia: domain mengandung keyword mungkin maksudnya kalau niche blog kita tentang masakan misalnya, alakah baiknya pake nama domain yang terkait dengan masakan misalnya bukuresepku.com atau dapursaya.com daripada pake nama domain yang tidak nyambung seperti sendaljepit.com...... bener nggak penafsiran saya?

Indah Febriany: Inti dari SEO ngebuat pihak google jadi tertarik untuk meletakkan iklan di blog atau website yang teman-teman buat. Karena SEO membuat pengunjung blog jadi meningkat. Jangan pernah merasa menulis menjadi beban, soalnya setiap hari adalah lembaran yang harus diceritakan dan diabadikan dalam bentuk tulisan. Yang blognya masih kosong, biarkan saja dulu kosong. Karena sesungguhnya penulis hebat juga memulai lembaran ceritanya dari kertas kosong.

Mugniar: Bukan hanya membuat Google tertarik untuk meletakkan iklan. Saya dengar-dengar katanya Google juga punya pengaruh untuk menentukan peringkat atau tingkat "kebagusan" blog kita. Misalnya nih, kaau banyak copas-nya bisa di-banned atau di-delete. Atau peringkatnya turun.

Rahmah: Iya bisa dibanned. SEO sebenarnya tujuan utamanya adalah bagaimana tulisan atau postingan kita berada di halaman paling depan mesin pencari, baik itu google ataupun yang lainnya seperti bing, yahoo, dan lainnya.

Naili Amalia: Google memang punya algoritma sendiri buat seleksi mana yang cuma copas atau nggak. Ngaruhnya cuman diperingkat. Klo ngebanned eh emang bisa?
Rahmah: Soal advertiser itu lebih banyak kepada melihat visitor yang berkunjung pada postingan kita.  Jadi meskipun dipasangkan iklan tetapi tulisan tidak nyambung dengan tulisan yang ada blog ya sama saja gak akan menghasilkan banyak

Intinya, kita menulis untuk dibaca. Dan usaha untuk orang baca itu dengan SEO. Kalau sudah banyak yang berkunjung di blog kita, barulah berpikir tentang iklan dan semacamnya. Sebab tahap untuk blog yang di-monetize itu adalah tulisan "yang banyak dicari" dan bagaimana kemampuan SEO dalam tulisan tersebut berikut juga tahap SEO selain mengatur postingan juga.  Naili Amalia: yaa bisa.

Naili Amalia: oh maksudnya yang di-banned itu adsense-nya. Jelas iya kalau itu kan melanggar term of service-nya adsense. Tapi kalau diblok dari search engine kayaknya nggak bisa.




0 komentar:

Posting Komentar