PROSES MENULIS HINGGA BERKARYA, SINGKAT ATAU LAMA, TERGANTUNG ANDA

Teman-teman, setelah melihat sekian banyak ibu yang berhasil mempunyai karya dalam bidang menulis, saya makin yakin kalau menulis bukanlah bakat. Siapa pun bisa menghasilkan karya.


Mereka yang berhasil punya tiga kunci ini:
  1. Kemauan yang kuat untuk belajar.
  2. Konsisten dalam berproses.
  3. Mampu mencari informasi yang dibutuhkan.
Nomor 1 dan 3 saling terkait dan mendukung nomor 2. Kalau memang punya kemauan yang kuat, siapa pun insya Allah bisa mewujudkan harapannya.

Sumber gambar: theauthorspurpose.com
Terkait nomor 2 (proses), ada dua hal yang perlu diperhatikan:
1. Berproses sendiri dan belajar otodidak, tanpa keluar uang kecuali biaya internet. Waktunya lebih lama.

2. Mengikuti kelas-kelas berbayar dan mendapatkan pembimbingan dari mentor berpengalaman hingga menghasilkan buku. Waktunya bisa lebih singkat.

Untuk nomor 1, saya melaksanakannya. Saya tidak pernah ikut kelas ataupun pelatihan berbayar tetapi saya konsisten belajar dan menulis. Tidak benar-benar otodidak, sih karena saya menyerap ilmu dari beberapa tempat lain selain di IIDN (yang pasti semuanya gratis). Beberapa orang mengatakan enak jadi saya karena melihat trafik blog saya. Namun mereka tidak tahu, di balik semua itu saya benar-benar kerja keras dalam membangun blog dan kemampuan menulis saya. Saya tidak setengah-setengah dalam mengusahakan harapan-harapan saya sehingga bisa menghasilkan buku, tembus media, diliput media, dapat penghargaan, memenangkan lomba, dan menghasilkan rupiah. Sejak dimulai tahun 2011 hingga kini pun saya masih terus belajar.

Untuk nomor 2, banyak juga yang melaksanakannya. IIDN Pusat (Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif) memfasilitasinya. Ada Sekolah Perempuan dan pelatihan-pelatihan online yang diselenggarakan di sana. Silakan ikut yang sesuai minat teman-teman. Dengan berbayar, baik mentor maupun peserta bisa sama-sama serius. Lagi pula ilmu pengetahuan itu "harga"-nya tak terhingga, lho.

Mengapa tak terhingga? Karena yang membagikan pengalamannya adalah orang yang sudah bertahun-tahun, mungkin belasan atau puluhan tahun berada di dalam dunia menulis. Para mentor akan menurunkan kebisaannya pada Anda, tanpa perlu melalui belasan atau puluhan tahun yang penuh suka-duka itu. Anda tinggal mencontohnya dan menerapkannya sesuai keunikan Anda!

Kalaupun tak perlu bayar, semua karya yang dihasilkan tak ditebus dengan mudah tentunya. Perlu tekad yang kuat, persistensi, dan semangat belajar yang tinggi untuk menebusnya.

Sekarang, tergantung teman-teman. 


Proses menulis hingga menghasilkan karya singkat atau lama itu tergantung Anda. Siapkah?

0 komentar:

Posting Komentar