[Sabtu Berbagi] Bagaimana Membuat Blog yang Menarik Perhatian Pembaca dan Mesin Pencari?

[Sabtu Berbagi] pada tanggal 12 September 2015 ini dibawakan oleh Nur Sahadati Amir 

Assalamu Alaikum kakak-kakak dan teman-teman IIDN Makassar,
Aga kareba? Baji-baji ja ki?

Ihhh.... kangen ta gang *peluk satu-satu

Minggu lalu saya ditodong kak Niar untuk mengisi Sabtu Berbagi tapi karena berhubung minggu lalu ada diklat jadi saya mintanya minggu ini.

Senang sekali rasanya bisa kembali berbagi di hari sabtu minggu kedua bulan September yang penuh keceriaan ini (seperti lagunya Vina Panduwinata “September Ceria” hehehe).

Lagi... lagi... dan lagi... saya diminta untuk berbagi tentang “blog”. Sebenarnya saya agak bingung dengan tema ini karena sudah sering dibahas di sabtu berbagi ataupun postingan blog teman-teman semua. 

Sumber: twist.elearningguild.net
Menjawab kebingungan saya, kak Niar menyarankan untuk berbagi tentang “Bagaimana Membuat Blog yang Bisa Menarik Pembaca dan Nangkring di Halaman Pertama Mesin Pencari?”.
Saya yakin di grup IIDN Makassar banyak yang lebih menguasai tentang blog, teknik menulis, dan teknik SEO dibanding saya yang ilmunya masih seuprit hehehe... jadi mohon petunjuk dan pencerahannya jika masih ada kesalahan ataupun kekurangan.

Jadi sharing kali ini mungkin agak panjang *jangan bosan di baca ya buibu.

*Mari kita bongkar

Bagaimana Membuat Blog yang Bisa Menarik Pembaca?

Tentukan ide yang akan kita tulis di blog. Biasanya ketika awal nge-blog kita akan bingung mau menulis tentang apa? Hehe... saya juga begitu kadang-kadang. Bersumber dari workshop blog yang pernah saya ikuti dan pengalaman pribadi saya rangkum menjadi satu. Berikut beberapa ide yang diminati oleh pengunjung blog :

1. Curhat pribadi atau cerita sehari-hari


“Jangan bilang ga ada yang kepo sama kita” sekarang zamannya kepo-kepoan hahaha... blog tentang curhat dan cerita sehari-hari banyak yang suka loh. Contohnya saja Raditya Dika, awalnya kan dia nulis tentang curhatan dan kesehariannya yang rada konyol-konyol gitu. Berawal dari blog akhirnya menjadi buku, kemudian difilmkan, trus dia jadi artis, bintang iklan, komedian, dan sekarang jadi sutradara.

Yang lebih dekat lagi, contohnya blognya kak Niar. Kurang lebih sepertiga postingan kak Niar berisi cerita sehari-hari tentang gadis kecilnya yang manis Athifah. Hehehe... dan saya selalu suka kalau kak Niar posting tulisan tentang Athifah karena pasti ceritanya lucu. Akhirnya blog kak Niar di bukukan dan total pengunjung blognya sudah banyak ya kak.

2. Pembahasan Issue Hangat

Ide ini termasuk postingan musiman tapi bisa dipakai jika kita ingin mendongkrak traffic blog kita. Contohnya tentang Pernikahan Raffi Ahmad yang super W.O.W, Risty Tagor yang katanya mau cerai sama Stuart Collin, Konsernya Bon Jovi. Tapi harus ada nilai plus dalam tulisan kita dan membahasnya dari sudut pandang berbeda. Jangan sampai kita kayak infotainment J

3. Review Program Televisi

Saat ini trend media beralih ke Media Internet, karena kesibukan yang padat saat ini kebanyakan orang tak sempat menonton TV. So... sebagai blogger kita bisa menangkap peluang itu. Kita bisa mereview ulang apa yang sudah tayang di TV terutama yang berkenaan tentang issue hangat.

4. Bikin Postingan Yang Long Lasting

Artinya buat postingan yang diminati dan dicari oleh banyak orang. Meskipun postingan seperti itu banyak tersebar di internet pasti lambat laun akan terindeks oleh google. Ataukah buat tulisan yang memancing pertanyaan atau rasa ingin tahu orang banyak. Contohnya postingan saya tentang “buah tangan khas Sulawesi Selatan” (pakai keyword : buah tangan khas sulawesi) posisinya saat ini no.1 di halaman pertama mbah google (barusan ngecek... hampir pingsan tadi lihatnya *lebay) dan juga postingan saya tentang “Makassar atau Ujung Pandang?” (pakai keyword : ujung pandang) posisinya no. 4 di halaman pertama mbah google setelah wikipedia.

5. Ikut Giveaway

Siapa nih yang rajin ikutan Giveaway? Selain tertarik karena hadiahnya ikutan giveaway bisa menjadi faktor pendorong agar blog kita selalu terupdate. So... ga ada salahnya kita ikutan siapa tahu kita menjadi salah satu yang beruntung menjadi pemenangnya.

6. Posting Gambar

Jika lagi blank ide, bisa kok posting gambar atau foto saja plus beri caption sedikit. Yang penting punya arti, meme-meme lucu juga boleh ya. Atau yang sekarang lagi naik daun posting tentang infografis saja.
7. Review Produk
Sesekali me-review produk tak ada salahnya. Contohnya kuliner di restoran ataupun makanan kaki lima, fashion, make up, dan lain-lain. Hitung-hitung membantu orang berpromosi sebenarnya kita juga membantu diri sendiri memancing klien berpromosi di blog kita.

8. Reportase event atau workshop

Nah bagi yang sering ikut-ikut event launching produk, sosialisasi ataupun workshop pasti sering bikin postingan reportase apalagi yang gabung di komunitas-komunitas blog hal ini di wajibkan.

9. Buat tulisan yang berkesinambungan

Misalnya nih tulisan kita rasanya panjang, buat menjadi beberapa postingan dan buat link untuk menautkan antara tulisan tersebut. Sehingga pembaca menjadi penasaran untuk membaca tulisan kita selanjutnya.

10. Bidik kata kunci / keyword untuk tulisan yang akan kita buat

Buat kita yang mentok mau nulis apa kita bisa searching kira-kira kata kunci apa yang bisa menarik perhatian pembaca. Kata kunci tersebut bisa juga kita jadikan judul dari postingan kita sehingga bisa cepat terindex oleh mbah google.
Sekian sharing dari saya semoga bermanfaat buat kita semua ^^




0 komentar:

Posting Komentar