Senin, 30 Maret 2015

Semaraknya Sharing Kepenulisan Bersama Penulis IIDN Makassar Sesi 1

Sharing Kepenulisan Bersama Penulis IIDN Makassar Sesi 1 (28 Maret 2015) berlangsung sukses. Rombongan siswa yang mengikuti ekstra kurikuler Jurnalistik dari SMA Perguruan Nasional meramaikan suasana sharing. Menjelang pertengahan acara, pengunjung berkerumun menyaksikan sharing dari Diena Rifa’ah, Umma Azura, dan Kak Arniyati Shaleh.

Di tengah berlangsungnya acara, Umma dengan spontan menyatakan bersedia menyumbangkan buku untuk para penanya di sesi ini. Insya Allah di sesi-sesi berikutnya pun akan ada hadiah buku lagi bagi yang beruntung.

Minggu, 29 Maret 2015

Sharing Kepenulisan Bersama Diena Rifa'ah, Umma Azura, dan Arniyati Shaleh

Alhamdulillah pada akhirnya cukup banyak yang hadir pada talk show Sharing Kepenulisan Bersama Penulis IIDN Makassar​ kemarin di TB Gramedia Mall Ratu Indah Makassar​.

Foto: Ida Basarang
Ketiga nara sumber memberikan sharing terbaik mereka. Kak Arniyati Shaleh​ menceritakan tentang proses tak terduga hingga 3 tulisannya dimuat dalam Boneka Kuntilanak. Mulanya hanya posting biasa di sebuah grup, ternyata dijadikan sebagai  bahan antologi ini. Catatan penjualan Boneka Kuntilanak cukup bagus, saya kira karena para kontributornya ikhlas menyumbangkan royaltinya ke panti asuhan (makanya terbuka jalan bagi buku ini untuk laris).

Jumat, 27 Maret 2015

Pengumuman Sharing Kepenulisan Bersama IIDN Makassar (1)


Buat yang suka membaca dan/atau menulis, silakan ke TB Gramedia Mall Ratu Indah Makassar, 28 Maret 2015. Insya Allah akan ada talk show bersama 3 penulis perempuan dari IIDN Makassar: Diena Rifa'ah (penulis buku Merajut Benang Cahaya), Umma Azura (PJ (penanggung jawab) antologi Story Cake Berpikir Positif), dan Kak Arniyati Shaleh (salah satu penulis buku Boneka Kuntilanak).

Di sana kita bisa dengarkan sharing mereka tentang buku-buku mereka, tentang karya-karya mereka yang lain, juga bisa tanya-tanya tentang kepenulisan kepada mereka.

Inya Allah setelah mereka, akan ada pula penulis-penulis perempuan lain dari IIDN Makassar yang akan berbagi di toko buku yang sama (waktunya akan dikonfirmasikan nanti)

Senin, 23 Maret 2015

[Sabtu Berbagi] Abby Onety: Belajar Travel Writing Karena Suka Traveling

Tulisan ini adalah diskusi [Sabtu Berbagi] pada tanggal 21 Maret 2015 mengenai traveling dan keinginan Abby Onety (nara sumber yang bernama asli Syairawati Maghribi) untuk serius mempelajari travel writing

Assalamualaikum WR.WB…. 

Selamat Pagi…..

Senin, 16 Maret 2015

[Sabtu Berbagi] Nunu Memperoleh Banyak Manfaat dari Berkomunitas

Tulisan berikut ini adalah diskusi [Sabtu Berbagi] tanggal 14 Maret 2015 yang dibawakan oleh Nur Sahadati Amir (Nunu)


Assalamu Alaikum kakak-kakak dan teman-teman semua. Sorry telat sharing-nya....

Sabtu, 14 Maret 2015

IIDN Makassar Akan Mengisi Acara Komunitas di Gramedia MaRI

Rahmadani Nur Maghfirah (Dani) – anggota IIDN Makassar yang masih mahasiswi ini pernah menyaksikan acara komunitas reptil tampil di Toko Buku Gramedia Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar. Dani menyarankan kepada saya untuk mengusulkan IIDN Makassar ikut serta dalam kegiatan komunitas berbentuk talkshow  yang kabarnya digelar setiap pekan di toko buku tersebut.

Sumber: www.nancypearl.com
Maka kemarin saya mendatangi Gramedia MaRI dan langsung mencari, berkenalan, dan berbincang dengan supervisornya – Pak Roy. Pak Roy menyambut usulan saya. Bahkan tanpa perlu memasukkan proposal segala, saya hanya perlu menghubunginya lagi bila teman-teman IIDN Makassar siap untuk mengisi talk show di sana.

Wow, IBF Award untuk Kategori Fiksi Anak! Selamat, Marisa!

Adalah hal  yang luar biasa jika kita tak pernah ikut lomba lalu tiba-tiba mendapatkan pengumuman dari sebuah ajang terakbar nasional bahwa kita menjadi salah satu penerima award-nya. Begitulah hal yang dialami Marisa Agustina, salah seorang anggota IIDN Makassar.

Kamis, 12 Maret 2015

IIDN Makassar di Amazing Muslimah - Hug and Give

Tanggal 1 Maret 2015, IIDN Makassar menjadi salah satu komunitas yang meramaikan Amazing Muslimah – Hug and Give, di Aula Hasanuddin LAN di Jalan Raya Baruga Antang, Makassar. Aisyah, anggota IIDN Makassar yang juga menjadi salah satu panitia event ini sebelumnya telah mengusung IIDN Makassar kepada Amazing Muslimah untuk ikut serta meramaikan bazaar mini yang diselenggarakan dalam ajang ini.

Dani, Ririn, dan Aida
Foto: Ririn

Senin, 09 Maret 2015

[Sabtu Berbagi] Pentingnya Kompetisi Menulis

Pentingnya Kompetisi Menulis ini adalah bahan diskusi [Sabtu Berbagi] pada tanggal 7 Maret 2015, dibawakan oleh saya (Mugniar)

Sumber: http://competition.saffrontravel.org/img/competition.png

Minggu, 01 Maret 2015

[Sabtu Berbagi] Buku 99 Permainan Tradisional Anak

Pada tanggal 28 Februari 2015, Mbak Aisyah Fad mengisi [Sabtu Berbagi], membahas buku solonya Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia, berikut materi dan diskusinya di grup FB IIDN Makassar.


Apa kabar teman-teman?... Makassar selalu menyisakan kerinduan. IIDN Makassar keren. Sukses buat Marisa Agustina yang menyabet IBF Award, semoga yang lain segera menyusul, amin.

Saya akan berbagi sedikit, behind the scene buku pertama saya "Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia". Ceritanya begini :